.

Perencanaan Bisnis


1.      Apa yang dimaksud dengan perencanaan bisnis?

a.       Pengertian Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis merupakan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, karena di dalam perencanaan bisnis ini dapat diketahui posisi perusahaan saat ini, arah dan tujuan perusahaan, dan cara mencapai sasaran yang ingin dicapai.
Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyususn Business Plan. Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang saran. Pengertian lain dari business plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006 : 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yang disediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Business Plan juga berisi tentang rincian profit, neraca pembayaran, proyeksi aliran kas untuk dua tahun yang akan datang. Selain itu juga memuat pandangan dan ide dari untuk dua tahun yang akan datang, pandangan dan ide dari anggota tim manajemen serta menyangkut strategi dan tujuan perusahaan yang hendak dicapai.
Jadi business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsurunsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memualai suatu usaha. Isi dari business plan sering merupakan perencanaan terpadu yang menyangkut pemasaran, permodalan, manufacturing dan sumber daya manusia.
Di dalam perencanaan bisnis perlu dilakukan analisis kelayakan Usaha, hal ini dikarenakan aspek utama dalam melakukan usaha pertama kali faktor kelayakan perlu diperhatikan dan merupakan hal yang cukup penting. Perencanaan usaha diperlukan dalam kegiatan bisnis yang akan dilakukan maupun yang sedang berjalan agar tetap berada dijalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan usaha merupakan alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan. Perencanaan usaha juga dapat dipakai sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga. Ada lingkup yang perlu dijelaskan, untuk menuju perencanaan usaha yang optimal.
b.      Manfaat Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis merupakan perencanaan yang sangat spesifik. Penyusunannya harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan masing-masing bisnis secara individual. Perencanaan bisnis yang baik juga harus menggambarkan dengan jelas karakteristik bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan, sehingga pihak-pihak yang tertarik dengan bisnis ini dapat melihat secara transparan dan mengerti secara jelas prospek perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Perencanaan bisnis diperlukan oleh pihak-pihak tertentu sebagai bahan masukan utama dalam rangka pengkajian ulang, untuk turut serta menyetujui atau sebaliknya menolak laporan tadi sesuai dengan kepentingannya. Pihak-pihak tertentu tersebut antara lain :
1)      Pihak investor
Calon investor akan mengetahui tentang keuntungan yang akan diperoleh serta jaminan keselamatan atas modal yang akan ditanamkannya.
2)      Pihak kreditor (bank)
Perencanaan bisnis tersebut akan digunakan sebagai bahan untuk pengkajian ulang sebelum memutuskan untuk memberikan kredit atau tidak.
3)      Pihak manajemen perusahaan
Pembuatan perencanaan bisnis ini merupakan suatu upaya dalam rangka merealisasikan ide proyek yang ujung-ujungnya bermuara pada peningkatan usaha dalam rangka meningkatkan laba perusahaan.
4)      Pihak pemerintah dan masyarakat
Mengetahui proyek-proyek bisnis yang membantu kebijakan pemerintah sehingga menjadi prioritas untuk dibantu. Misalnya dengan subsidi atau keringanan lainnya.
5)      Bagi tujuan pembangunan ekonomi mengetahui biaya dan manfaat tersebut antara lain ditinjau dari aspek rencana pembangunan nasional, distribusi nilai tambah pada seluruh masyarakat, nilai investasi per tenaga kerja, pengaruh sosial, dan analisis pemanfaatannya maupun beban sosial.

2.       Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dalam perencanaan bisnis!

1)      Fokus, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan visi, misi tertentu serta dengan tujuan yang jelas sehingga kita bisa fokus untuk mencapai tujuan.
2)      Rasional dan faktual, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta didukung dengan fakta-fakta yang ada.
3)      Berkesinambungan dan estimasi, artinya perencanaan usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta perkiraan-perkiraan tentang kondisi di masa depan.
4)      Prepare dan fleksibel, artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi.
5)      Operasional, artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin, namun rinci, serta dapat dilaksanakan.

Dalam membuat rencana bisnis, seseorang atau sebuah tim biasanya melakukan brainstorming. Dalam kegiatan ini semua ide dikeluarkan untuk kemudian dikumpulkan dan dipilih yang paling mungkin untuk dilaksanakan. Dalam brainstorming ini dibutuhkan daya eksplorasi yang bebas, tidak dibatasi pertimbangan biaya atau kemampuan. Namun kadang hal ini memicu perdebatan, karena isi otak seseorang berbeda dengan orang lain. Sehingga pemahaman kita juga belum tentu dapat dimengerti oleh orang lain. Untuk itu, kita memerlukan bahasa penyampaian yang mudah dimengerti oleh banyak orang.
Dalam memulai bisnis, seperti kita ketahui, perlu ada perencanaan yang matang. Sebelum mulai menyusun rencana bisnis, kita perlu mengetahui informasi-informasi yang berhubungan. Hal ini penting, karena dalam menjalankan bisnis, kita harus punya panduan. Apalagi jika ke depannya kita akan berhubungan dengan banyak pihak lain, misalnya investor atau pihak bank. Semua hal yang kita lakukan dan presentasikan di depan para investor haruslah mengacu pada panduan tersebut. Rencana bisnis inilah kunci keberhasilan komunikasi kita dengan investor. Sebagai alat komunikasi, rencana bisnis menentukan apakah usaha kita layak atau tidak layak didukung.
Dalam rencana bisnis, menjadi idealis memang boleh. Namun, jangan lupa bahwa yang terpenting kita perlu menunjukkan letak kekuatan bisnis kita, bahwa usaha yang kita jalani memiliki prospek yang cerah. Gunakanlah bahasa yang sampai di telinga para kalangan investor. Bahasa yang dimaksud adalah bahasa yang dapat ‘merayu’ investor atau kalangan perbankan. Kita perlu menyadari bahwa bisnis bukan hanya sekadar masalah untung-rugi. Para investor ingin mengetahui bahwa bisnis kita punya prospek, bahwa resiko untung-ruginya dapat diukur dan diperkirakan.
Namun, rencana bisnis plan sebenarnya tidak hanya dibuat untuk ditujukan pada para investor. Rencana bisnis penting untuk menjadi panduan kita sendiri dalam melakukan segala rencana dan pelaksanaan usaha, agar setiap pelaksanaan dapat terarah, tidak keluar jalur, dapat dipertanggunjawabkan, diukur, dan dievaluasi kembali. Apalagi untuk jenis usaha kreatif yang idenya terbilang baru. Usaha semacam ini memiliki risiko pergeseran konsep. Dalam prosesnya, akan ada banyak campur tangan berbagai pihak yang menginginkan ini-itu. Berbagai kepentingan dari banyak pihak bisa jadi mengganggu konsep utamanya. Di sinilah rencana bisnis bermanfaat, yakni sebagai alat yang menjaga koridor gerak usaha. Ini adalah tantangan bagi para enterpreneur muda, yakni untuk menjelaskan pada semua pihak agar mereka memiliki perspektif yang sama dengan yang kita miliki.
Sebuah rencana bisnis haruslah matang, terarah, namun tetap sederhana dan mudah dipahami orang lain. Untuk membuatnya, berikut ini adalah tips-tips yang perlu Anda terapkan:
• Rencana bisnis harus mudah dimengerti, memiliki 1 tujuan, dan tercapai dengan cepat.
• Menggunakan sedikit kalimat, tidak hanya singkat tapi juga efisien.
• Memiliki tujuan jelas, hanya menyampaikan fakta dan ide yang relevan.
• Menarik, mudah dimengerti, serta menggunakan gambar dan grafik.
• Menggunakan kata-kata yang sederhana dan disusun dengan model percakapan atau komunikasi interaktif.
• Membawa nuansa optimis dan positif.
• Mengarahkan keputusan pembaca, menegaskan itikad baik, serta mendemonstrasikan pengetahuan dan skill.
• Hindari membuat pernyataan yang tidak mendukung fakta.
• Bersifat obyektif dan dibuat berdasarkan data-data nyata dan akurat serta sumber informasi yang berkualitas.

3.       Apa saja komponen-komponen dalam perencanaan bisnis?
1.      Konsep Bisnis
·          Mendeskripsikan produk
·          Identifikasi pasar, konsumen target, dan data ekonomi tentang permintaan
·          Persaingan dan analisis pasar lengkap
·          Strategi pemasaran yang jelas
·          Informasi lokasi bisnis, kantor, outlet, dan jasa
·          Manajemen, karyawan yang diperlukan
2.      Dukungan Keuangan
·          Kebutuhan keuangan dan sumber modal, utang, dan posisi kekayaan pemilik
·          Dokumen pendukung rencana keuangan:
-            Laporan keuangan yang direncanakan
-            Laporan arus kas yang direncanakan
-            Neraca yang direncanakan
-            Analisis pengembalian modal
3.      Informasi Lain-lain
·          Survei konsumen, informasi pasar, ramalan permintaan, dan penjualan
·          Data tentang pemilik, wirausahawan yang terlibat, dan manajer ahli
·          Informasi tambahan tentang pembelian, pemasok dan harga
·          Rencana tempat kedudukan usaha, layout, bahan-bahan produksi, dan kebutuhan peralatan
·          Laporan kredit, penawaran, kontrak, dan lampiran lain yang diperlukan oleh penyandang dana




4.      Menurut Anda, aspek penting apa yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis tersebut!
1)      Aspek ekonomis
Aspek ini mencakup analisis pasar, penjualan, biaya produksi, maupun profit margin. Faktor ini sangat penting, karena mempengaruhi tingkat keputusan untuk merealisasikan ide menjadi bisnis yang sesungguhnya. Aspek ini akan mengkaji sejauh mana tingkat keuntungan yang diperoleh, dengan daya serap pasar yang ada dan kemampuan memiliki modal untuk menjalankan operasional bisnis. Meskipun idenya luar biasa, tetapi kalau dalam perhitungannya merugi tentunya membuat bisnis tersebut tidak layak. Karena itu, Anda harus paham betul, bagaimana Anda menghasilkan pendapatan dan berapa biaya yang akan dikeluarkan.
2)      Aspek teknis
Aspek ini sangat penting untuk mengukur kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Apakah dengan modal yang ada, sudah mampu memproduksi barang atau jasa yang bisa dijual? Bagaimana dengan kemampuan sumber daya manusianya? Apakah semua kekuatan yang dimiliki mampu memberikan nilai tambah yang lebih baik kepada konsumen dibandingkan dengan usaha-usaha sejenis lainnya? Suatu rencana bisnis yang baik, akan memberikan peluang yang lebih baik, sekaligis meminimalisasi kemungkinan kegagalan bisnis.
3)      Masa depan bisnis
Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa bisnis yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Ini tentu nantinya akan menganggu aspek teknis. Belum lagi dengan harapan-harapan konsumen yang selalu akan lebih maju dan terkinikan. Apakah mampu bisnis yang kita jalankan nanti menyerap pasar seperti ini? Inilah aspek penting yang harus diperhatikan secara seksama dan dituangkan dalam rencana bisnis.

5.      Terkait dengan tugas akhir dari mata kuliah ini, silahkan anda menyampaikan ide usaha yang akan dilaksanakan beserta dengan alasannya (minimal 1 halaman)

IndieTones
Merupakan start-up musik streaming service yang menyediakan layanan streaming musik-musik.
IndieTones adalah sebuah perusahaan musik yang membuat layanan berbasis web showcase yang membantu pengguna menemukan, mendengarkan dan berbagi suara baru setiap hari. Pengguna dapat meng-upload musik mereka sendiri, berbagi ke jaringan sosial populer seperti Twitter dan Facebook dan download dari artis favorit mereka. Menampilkan sebuah pemutar musik antarmuka inovatif yang membantu pengguna memindai melalui database musik kami sambil menikmati gambar yang menakjubkan. Bookmark fitur yang memungkinkan pengguna untuk menandai lagu favorit mereka dan pencarian disaring menurut genre atau popularitas. Kami berjanji pengalaman musik yang berbeda.


Sekilas fitur yang nantinya akan dibuat:
·         Penyimpanan Musik tak Terbatas
·         Inovatif Music Player
·         Kalender Acara
·         Berinteraksi Dengan Fans
·         Fitur Penelusuran
·         Latar Belakang dinamis
·         Social Network Sharing
·         Lagu & Bookmarking Artists
·         Mendengarkan pada Mobile
·         E-Commerce Fitur
Alasan pemilihan Ide Usaha
1.      Aspek Eknomis
a)      Analisis Pasar
Perkembangan dunia musik khususnya musik indie di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Media promosi adalah hal utama yang dibutuhkan oleh band indie dalam mempublikasikan hasil karyanya kepada masyarakat luas. Untuk itu kelompok kami memutuskan untuk membuat sebuah web streaming service yang nantinya bisa digunakan untuk mempublikasikan.
b)      Biaya Produksi
Biaya produksi tidak begitu besar mengingat ini hanya membutuhkan sebuah domain dan hosting.
c)      Profit margin
Profit bisa berasal misalnya saja dari iklan, penjualan merchandise, penjualan majalah, bagi hasil penjualan album, bagi hasil penjualan tiket dari sebuah event.
2.      Aspek Teknis
Untuk sumber daya manusia kami terdiri dari beberapa orang yang bidang pengetahuannya sejalan dengan start-up yang kami buat. Ada yang berpengetahuan web, desain grafis ( untuk pembuatan layout). Beberapa dari kami juga sudah berkecimpung di dunia band indie khususnya di kota Salatiga sejak dari SMA. Maka sudah pasti memahami alur bagaimana perjalanan sebuah band indie dan bagaimana mereka yang notabene indie yang tidak bergantung dari perusahaan rekaman (D.I.Y) membutuhkan sebuah web music streaming untuk mempublikasikan hasil karyanya.

3.      Masa Depan Bisnis
Aspek kedepannya bisnis ini tidak terkait dengan zaman, kebanyakan orang tidak suka menyimpan sebuah file lagu di media penyimpanan mereka. Mereka menginginkan yang instan yang bisa diakses menggunakan internet.




Referensi
library.binus.ac.id/eColls/.../2009-2-00837-SK%20Bab%202.pdf
http://ciputraentrepreneurship.com/bisnis/teknologi-informasi.html

3 Responses to "Perencanaan Bisnis"

  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus kak, Ilmu Teknik Industri Kunjungi Kami
    http://indonugraha.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef