.

Perancangan Produk dan Jasa

  1. Apa yang dimaksud dengan perancangan produk dan jasa?
Perancangan produk  dan jasa adalah suatu alur kegiatan yang dimulai dari timbulnya persepsi bahwa ada kesempatan (opportunity) di pasar,lalu timbul adanya konseptualisasi dan berakhir dengan produksi, penjualan, dan pengiriman produk atau jasa.
Fase –fase  dalam perancangan produk atau hasa
1.      Fase 0 : Perencanaan Produk
Kegiatan perencanaan sering dirujuk sebagai “zero fase” karena kegiatan ini mendahului persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual.
2.      Fase 1 : Pengembangan Konsep
Pada fase pengembangan konsep, kebutuhan pasar target diidentifikasi, alternatif konsep-konsep produk dibangkitkan dan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan dan percobaan lebih jauh.
3.      Fase 2 : Perancangan Tingkat Sistem
Fase perancangan tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan uraian produk menjadi subsistem-subsistem serta komponen-komponen
4.      Fase 3 : Perancangan Detail
Fase perancangan detail mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk, material, dan toleransitoleransi dari seluruh komponen unik pada produk dan identifikasi seluruh komponen standar yang dibeli dari pemasok.
5.      Fase 4 : Pengujian dan Perbaikan
Fase pengujian dan perbaikan melibatkan konstruksi dan evaluasi dari bermacam macam versi produksi awal produk.
6.      Fase 5 : Produksi Awal
Pada fase produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi yang sesungguhnya. Tujuan dari produksi awal ini adalah untuk melatih tenaga kerja dalam memecahkan permasalahan yang timbul pada proses produksi sesungguhnya. Peralihan dari produksi awal menjadi produksi sesungguhnya biasanya tahap demi tahap. Pada beberapa titik pada masa peralihan ini, produk diluncurkan dan mulai disediakan untuk didistribusikan
  1. Jelaskan analisis trend produk dan jasa?
Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan peramalan dengan baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasilanalisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut. Secara teoristis, dalamanalisis time series yang paling menentukan adalah kualitas atau keakuratan dariinformasi atau data-data yang diperoleh serta waktu atau periode dari data-data tersebutdikumpulkan
  1. Apa yang dimaksud dengan inovasi terhadap produk dan jasa?
Inovasi produk dan jasa merupakan suatu proses yang berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Permasalahan yang sering terjadi di dalam bisnis adalah produk yang bagus tetapi mahal atau produk yang murah tetapi tidak berkualitas.
  1. Apa yang dimaksud dengan rencana pemasaran?
Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.

Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas :
1) Penyesuian ukuran bisnis

2) Perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau

3) Penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.

Manfaat rencana pemasaran :
1.      Mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik
2.      Mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan
3.      Meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah
4.      Meminimalkan respon tak rasional samapi respon yang tak diharapkan
5.      Mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak
6.      Meningkatkan komunikasi
7.      Mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis
8.      Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan
  1. Sebutkan dan jelasakan strategi dan taktik pemasaran?
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaanlingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaranyaitu
1.      Daur hidup produk
 Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan,tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.      Posisi persaingan perusahaan di pasar 
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan,apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecildari pasar.
3.      Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangankedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
Macam-macam strategi pemasaran
1.      Strategi kebutuhan primer Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2.      Strategi Kebutuhan Selektif Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk; 
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1.      Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2.      Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3.      Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.

Taktik pemasaran adalah serangkaian program-program pelaksanaan strategi pemasaran untuk memcapai tujuan pemasaran yang terdiri dari differentation marketing mix selling.[1][1]
            Tujuan taktik pemasaran yaitu:
1.      Ciptakan produk yang unik
2.      Gunakan testimonial
3.      Tawarkan up selling
4.      Berikan harga psikologis
5.      Tekankan keunggulan produk selain fitur
6.      Fokus pada headline

  1. Apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran!
Bauran pemasaran atau marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasara


http://vercomfo.blogspot.com/2012/03/perancangan-produk-design-product.html



1 Response to "Perancangan Produk dan Jasa"

wdcfawqafwef