- Apa yang
dimaksud dengan perancangan produk dan jasa?
Perancangan
produk dan jasa adalah suatu alur
kegiatan yang dimulai dari timbulnya persepsi bahwa ada kesempatan
(opportunity) di pasar,lalu timbul adanya konseptualisasi dan berakhir dengan
produksi, penjualan, dan pengiriman produk atau jasa.
Fase
–fase dalam perancangan produk atau hasa
1. Fase 0 :
Perencanaan Produk
Kegiatan
perencanaan sering dirujuk sebagai “zero fase” karena kegiatan ini mendahului
persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual.
2. Fase 1 :
Pengembangan Konsep
Pada fase
pengembangan konsep, kebutuhan pasar target diidentifikasi, alternatif
konsep-konsep produk dibangkitkan dan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep
dipilih untuk pengembangan dan percobaan lebih jauh.
3. Fase 2 :
Perancangan Tingkat Sistem
Fase perancangan
tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan uraian produk menjadi
subsistem-subsistem serta komponen-komponen
4. Fase 3 :
Perancangan Detail
Fase perancangan
detail mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk, material, dan
toleransitoleransi dari seluruh komponen unik pada produk dan identifikasi
seluruh komponen standar yang dibeli dari pemasok.
5. Fase 4 :
Pengujian dan Perbaikan
Fase pengujian
dan perbaikan melibatkan konstruksi dan evaluasi dari bermacam macam
versi produksi awal produk.
6. Fase 5 : Produksi
Awal
Pada fase
produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi yang
sesungguhnya. Tujuan dari produksi awal ini adalah untuk melatih tenaga kerja
dalam memecahkan permasalahan yang timbul pada proses produksi sesungguhnya.
Peralihan dari produksi awal menjadi produksi sesungguhnya biasanya tahap demi
tahap. Pada beberapa titik pada masa peralihan ini, produk diluncurkan dan
mulai disediakan untuk didistribusikan
- Jelaskan
analisis trend produk dan
jasa?
Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu
estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan peramalan dengan baik maka dibutuhkan
berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan diamati dalam
periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasilanalisis tersebut dapat diketahui sampai berapa
besar fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi terhadap perubahan tersebut. Secara teoristis, dalamanalisis time series yang paling menentukan adalah kualitas atau keakuratan dariinformasi atau
data-data yang diperoleh serta waktu atau periode dari data-data
tersebutdikumpulkan
- Apa yang
dimaksud dengan inovasi terhadap produk dan jasa?
Inovasi
produk dan jasa merupakan suatu proses yang berusaha memberikan solusi terhadap
permasalahan yang ada. Permasalahan yang sering terjadi di dalam bisnis adalah
produk yang bagus tetapi mahal atau produk yang murah tetapi tidak berkualitas.
- Apa yang
dimaksud dengan rencana pemasaran?
Perencanaan
ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan
pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran
adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk
mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan
sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan
pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi,
format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan
pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas :
Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas :
1)
Penyesuian ukuran bisnis
2) Perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau
3)
Penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.
Manfaat rencana pemasaran :
Manfaat rencana pemasaran :
1. Mencapai koordinasi aktivitas yang
lebih baik
2. Mengidentifikasi perkembangan yang
diharapkan
3. Meningkatkan kesiapan organisasi untuk
berubah
4. Meminimalkan respon tak rasional
samapi respon yang tak diharapkan
5. Mengurangi konflik tentang ke mana
seharusnya organisasi bergerak
6. Meningkatkan komunikasi
7. Mendesak manajemen untuk berpikir ke
depan secara sistematis
8. Memperluas penyesuaian sumber daya
yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan
- Sebutkan dan
jelasakan strategi dan taktik pemasaran?
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan
tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam
hubungan dengan keadaanlingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam
strategi pemasaran, ada tiga
faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam
pemasaranyaitu
1.
Daur hidup
produk
Strategi harus
disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan,tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2.
Posisi persaingan
perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan
posisi perusahaan dalam persaingan,apakah memimpin, menantang, mengikuti atau
hanya mengambil sebagian kecildari pasar.
3.
Situasi
ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangankedepan,
apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
Macam-macam strategi pemasaran
1.
Strategi
kebutuhan primer Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah
primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2.
Strategi
Kebutuhan Selektif Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk
beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas
positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated
positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat
jenis yaitu:
1.
Merangsang
kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2.
Merangsang
kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3.
Merangsang
kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
Taktik pemasaran adalah
serangkaian program-program pelaksanaan strategi pemasaran untuk memcapai
tujuan pemasaran yang terdiri dari differentation marketing mix selling.[1][1]
Tujuan taktik pemasaran yaitu:
1. Ciptakan produk
yang unik
2. Gunakan
testimonial
3. Tawarkan up
selling
4. Berikan harga
psikologis
5. Tekankan
keunggulan produk selain fitur
6. Fokus pada
headline
- Apa yang
dimaksud dengan bauran pemasaran!
Bauran
pemasaran atau marketing
mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasara
http://vercomfo.blogspot.com/2012/03/perancangan-produk-design-product.html
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete