.

teknopreneurship, kewirausahaan dan seorang wirausaha



PERTANYAAN

1.      Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan?
2.      Apa yang dimaksud dengan teknopreneurship?
3.      Sebutkan dan jelaskan filosofi seorang wirausaha!
4.      Bagaimana karakteristik seorang wirausaha?
5.      Berikan contoh tipe-tipe wirausaha!


JAWABAN

1.      Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

Kewirausahaan juga merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya.



Sedangkan wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya.



2.      Technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yakni ‘technology’ dan ‘enterpreneurship’. Secara umum, kata Teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri. Sedangkan kata entrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko untuk mencapai keuntungan.



Jadi Technopreneurship adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan wirausaha. Jenis wirausaha dalam pengertian technopreneurship disini tidak hanya dibatasi pada wirausaha teknologi informasi.



3.      Filosofi merupakan pola berfikir manusia, prinsip hidup, ataupun cara berfikir manusia yang timbul karena peristiwa fenomena-fenomena kehidupan yang telah mereka alami. Bagi sebagian orang, filosofi digunakan sebagai panutan hidup ataupun prinsip.



Filosofi seorang wirausaha antara lain :

a.      Jangan takut gagal.

Merupakan hal penting untuk berwirausaha, tidak ada gunanaya berteori kalau tidak terjun langsung, sehingga mengalami langsung dan mendapatkan pengalaman.

b.      Penuh semangat

Selalu dalam melaksanakan kewirausahaan harus lah selalu semangat dan pantang dengan kata menyerah juga tidak bertele – tele dalam mengerjakan suatu pekerjaan sebagai wirausaha untuk mencapai tujuan yang di tentukan.



c.       Kreativ dan Inovativ.

Kreativitas dan Inovasi adalah modal bagi seorang pengusaha. Seorang wirausaha tidak boleh berhenti dalam berkreativitan dan berinovasi dalam segala hal.



d.      Bertindak dengan penuh perhitungan dalam mengambil resiko.

Resiko selalu ada dimanapun kita berada.Yang harus diperhitungkan adalah perhitugkan dengan baik-baik sebelum memutuskan sesuatu, terutama yang tingkat resikonya tinggi.



e.      Sabar, ulet dan tekun.

Sabar dan tekun meskipun harus menghadapi berbagai bentuk permasalahan, percobaan, dan kendala bahkan diremehkan oleh orang lain.



f.        Harus optimis.

Optimis adalah modal usaha yang cukup penting bagi usahawan, sebab kata optimis merupakan sebuah prinsip yang dapat memotivasi kesadaran kita sehingga apapun usaha yang kita lakukan harus penuh optimis bahwa usaha yang kita laksanakan akan sukses.



g.      Ambisius.

Seorang wirausahawan  harus berambisi, apapun jenis usaha yang akan dilakukannya untuk mencapai tujuan yang terbaik untuk pekerjaannya tentunya dengan cara yang positif.



h.      Peka terhadap pasar atau dapat baca peluang pasar.

Harus tau dan cepat respon dalam melihat peluang baik pada pasar ditingkat lokal, regional, maupun internasional. Peluang pasar sekecil apapun harus di identifikasi dengan baik, sehingga dapat mengambil peluang pasar tersebut dengan baik.



i.        Jujur.

Jujur kepada pemasok dan pelanggan atau kepada seluh pemangku kepentingan perusahaan adalah prinsip dasar yang harus dinomorsatukan dalam berusaha sebagai wirausaha.



4.      Bagaimana karakteristik seorang wirausaha?

a.      Desire for responsibility, yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. Seseorang yang memiliki rasa tanggung-jawab akan selalu mawas diri.

b.      Preference for moderate risk, yaitu lebih memilih risiko yang moderat, artinya Tidak melakukan spekulasi, melainkan berdasarkan perhitungan yang matang.

c.       Confidence in their ability to success, yaitu memiliki kepercayaan diri untuk memperoleh kesuksesan.

d.      Desire for immediate  feedback, yaitu selalu menghendaki umpan balik dengan segera.

e.      High level of energy, yaitu memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yan lebih baik.

f.        Future orientation, yaitu berorientasi serta memiliki prospektif dan wawasan jauh ke depan.

g.      Skill at organizing, yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.

h.      Value of achievement over money, yaitu lebih menghargai prestasi daripada uang.





5.      Tipe Tipe Wirausaha

1.      Wirausaha yang memiliki inisiatif

Contoh : Seorang wirausaha yang mempunyai pemikiran dan rencana-rencana  untuk berwirausaha dan melancarkan usahanya tersebut tentunya untuk mendapatkan keuntungan

2.      Wirausaha yang menggorganisir mekanis sosial dan ekonomi untuk menghasilkan sesuatu.

Contoh: Seorang wirausaha yang bisa mengatur bagaimana pengeluaran dan pemasukan perekonomian dalam usahanya tersebut supaya memperoleh keuntungan dan bisa melakukan sosialisasi untuk mendukung karir kewirausahaannya tersebut.















Berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas, silahkan menjawab pertanyaan berikut ini:

1.      Menurut anda apa itu wirausaha berbasis teknologi informasi (TI) dan deskripsikan bagaimana wirausaha bidang TI di beberapa lokasi/wilayah di dunia (Sillicon Valley – Amerika Serikat dan Bangalore – India).

2.      Bagaimana pendapat Anda tentang pengembangan wirausaha berbasis TI di Indonesia?





1.      Sebuah bidang wirausaha yang memiliki usaha yang bergerak di bidang IT (menggunakan IT/Information Technology), seperti jasa desain, web/blog, internet marketing, software house, maupun e-commerce (toko online).



Untuk di wilayah Sillicon Valley, wirausaha di bidang TI kebanyakan bergerak di bidang semi konduktor, computer, software dan layanan IT. Perkembanagn di silicon valley sangat cepat karena di wilayah tersebut terdapat banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang TI. Contohnya Adobe Systems, Advanced Micro Devices (AMD),  Apple Inc.,  Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard (HP), Intel, National Semiconductor, Nvidia, San Disk, Symantec, Sun Microsystems, Yahoo! Dll.

Selain karena banyak perusahaan besar, perkembangannya juga di pengaruhi oleh adanya universitas stanford yang mahasiswanya sering melakukan riset tentang teknologi dan lulusannya banyak membuat perusahaan sendiri, selain itu juga di pengaruhi oleh adanya militer pertahanan amerika yang sering melakukan riset tentang teknologi di wilayah itu yang salah satunya melahirkan internet.



Untuk di wilayah bangalore kebanyakan wirausaha di bidang IT bergerak di bidang perangkat lunak dan layanan IT, perkembangan wirausaha bidang TI di bangalore sangat pesat karena terdapat perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak dan layanan IT seperti Yahoo!, Google, IBM, SAP, Intel, Cisco Systems, Microsoft, dan lain-lain.







2.      Untuk pengembangan wirausaha bidang TI di indonesia lebih terarah ke bidang pembuatan software dan layanan IT, karena ada banyak tumbuhnya software house, dan juga banyak situs-situs yang dapat memberikan pekerjaan, contohnya kaskus dan indowebster. Dan juga kedepannya akan ada banyak perusahaan besar dunia yang akan menempati indonesia sebagai tempat mereka.





REFERENSI

http://viewcomputer.wordpress.com/kewirausahaan/

http://www.hadissoft.com/2011/09/technopreneurship-itu-apa-sih.html

http://caribakatartis.blogspot.com/p/filosofi.html

http://yunushadi.blogspot.com/2011/10/pengertian-manfaat-fungsi-dan-prinsip.html

http://adesyams.blogspot.com/2009/09/karakteristik-wirausaha.html

http://tugas-kuliah-tugas.blogspot.com/2011/10/tipe-wirausaha.html

http://www.kamusilmiah.com/it/mengenal-silicon-valley/

http://id.prmob.net/india/bangalore/real-estat-1212241.html



0 Response to "teknopreneurship, kewirausahaan dan seorang wirausaha"

Post a Comment

wdcfawqafwef